in

Kualitas dan Rasa Tetap Terjaga, Ini Cara Membuat Frozen Food Tahan Lama

frozen food

EKSPOSUR.COM – Cara membuat frozen food tahan lama sangat penting untuk diketahui karena cara penyimpanan frozen food yang salah bisa membuat masa simpannya menjadi lebih pendek, bahkan hingga merusak kualitasnya.

Belakangan ini, frozen food  atau makanan beku menjadi produk kuliner yang banyak digemari. Tidak hanya mudah dan cepat memasaknya, rasanya pun terbilang cukup lezat. Sehingga makanan ini sangat cocok untuk orang-orang yang sibuk dan tidak punya waktu banyak untuk memasak.

Walau banyak yang terbiasa mengonsumsi makanan beku, namun sayangnya pengetahuan yang cukup terkait teknik penyimpanan makanan beku yang tepat masih belum banyak diketahui. Lalu, seperti apa cara penyimpanan frozen food yang tepat agar tahan lama dan kualitasnya pun tetap terjaga? Simak pembahasan selengkapnya.

Bagaimana Cara Membuat Frozen Food Tahan Lama dan Kualitasnya Tetap Terjaga?

Makanan beku bisa menjadi salah satu pilihan untuk menyimpan stok makanan. Karena bakteri di dalam makanan beku tidur dan tidak berkembang, makanan beku dianggap cukup aman dan sehat. Namun jika salah menyimpannya, frozen food juga bisa basi dengan cepat. Oleh karena itu, agar makanan beku tahan lama dan kualitasnya tetap terjaga, penting untuk melakukan beberapa hal berikut :

1. Pastikan Kondisi Makanan Bersih dan Segar

Memastikan makanan bersih dan segar sebelum dibekukan sangat penting untuk dilakukan, karena hal ini bisa mempengaruhi daya tahan dan kualitas makanan. Seperti buah dan sayur, jenis makanan ini perlu dicuci makanan di bawah air yang mengalir terlebih dulu hingga bersih dan bebas dari kotoran.

Selain itu, pastikan juga makanan sudah kering dari air sebelum dikemas. Jika dibekukan dalam keadaan basah, dikhawatirkan akan ada banyak bunga es di dalam kemasan yang akhirnya akan mengurangi kualitas makanan.

2. Kemas dalam Keadaan Kedap Udara

Mengemas makanan dalam keadaan kedap udara merupakan salah satu cara membuat frozen food tahan lama. Hal ini bertujuan agar mencegah bakteri atau benda asing yang bisa saja masuk ke dalam makanan.

Untuk mengemas makanan beku, disarankan menggunakan plastik nilon yang kedap udara dan aman untuk produk konsumsi. Beberapa jenis di antaranya adalah plastik PE (Polyethylene) dan HDPE (High Density Polyethylene).

Untuk mengemas minuman atau cairan, Anda bisa menggunakan plastik PE. Sedangkan, jika Anda membutuhkan yang fleksibel, kuat dan anti panas, plastik HDPE bisa digunakan. Selain itu, untuk membuat pengemasan menjadi lebih kedap udara, setelah memasukkan makanan ke dalam plastik, Anda bisa melakukan vacuum pada kemasan untuk mengurangi udara yang ada dalam kemasan.

3. Kelompokkan Sesuai Jenisnya

Karakteristik yang berbeda dimiliki setiap makanan, akibatnya hal ini berpengaruh terhadap jangka waktu penyimpanannya yang menjadi berbeda pula. Karena itu, frozen food harus disimpan sesuai dengan jenisnya di wadah yang berbeda.

Mencampur makanan beku bisa membuat makanan tersebut cepat rusak, karena karakteristiknya, seperti tekstur dan kandungannya yang berbeda. Selain itu, menyimpannya dalam wadah yang sama akan membuat aroma makanan tercampur dan menjadi tidak sedap.

4. Simpan dalam Suhu Optimal

Cara membuat frozen food tahan lama adalah dengan menjaga suhu freezer tetap optimal, yaitu berkisar -18°C atau di bawah titik beku. Dengan tetap berada di suhu optimal tersebut, makanan akan tetap beku dan tidak mengalami proses pembusukan.

Pastikan freezer memiliki suhu yang stabil dan konstan di kisaran -18°C atau di bawah titik beku, karena jika suhu menjadi terlalu rendah, maka tekstur dan rasa makanan akan berubah. Sedangkan apabila suhu terlalu hangat, bakteri akan dapat berkembang dan mempercepat proses pembusukan, sehingga daya tahan dan kualitas makanan pun menurun.

5. Hindari Penyimpanan yang Terlalu Banyak

Selain suhu penyimpanan, jumlah makanan beku yang disimpan juga perlu diperhatikan. Karena apabila freezer yang menjadi tempat penyimpanan terlalu penuh, ini akan mengakibatkan sirkulasi udara di dalamnya menjadi buruk dan membuat makanan menjadi lebih cepat rusak.

6. Tambahkan Garam sebagai Pengawet

Menambahkan garam bisa menjadi salah satu cara membuat frozen food tahan lama, karena garam memiliki efek memperlambat proses pembusukan.

Selain bisa memperlambat proses pembusukan, dengan menambah garam pada makanan beku juga bisa mengatasi perubahan cita rasa. Karena proses pembekuan makanan bisa berpotensi mengurangi garam 10~20%. Sehingga sebelum membekukan makanan, disarankan untuk menambahkan lebih banyak garam.

7. Beri Label Tanggal Penyimpanan

Walau tidak membuat makanan beku menjadi lebih tahan lama, memberi label tanggal penyimpanan pada frozen food perlu untuk dilakukan. Hal ini bertujuan agar Anda mudah mengetahui kapan batas maksimal penyimpanan dan kelayakan dari makanan tersebut, ketika akan mengonsumsinya.

Cara membuat frozen food tahan lama membutuhkan perhatian dan persiapan yang baik. Mulai dari memastikan kondisi makanan bersih dan segar, hingga memperhatikan kapasitas freezer yang tidak terlalu banyak. Hal ini tentunya akan membantu dalam menjaga daya tahan dan kualitas makanan.