in

5 Penyebab Ikan Mas Koki Mati dalam Waktu Singkat

ikan mas koki

EKSPOSUR.COM – Memelihara ikan hias menjadi hobi yang sangat menyenangkan. Apalagi jika jenis ikan yang Anda pelihara unik dan indah seperti ikan mas koki. Namun sayangnya, ikan yang satu ini mudah sekali mati. Penyebab ikan mas koki mati ini yang masih sering sulit teridentifikasi oleh pemiliknya.

Padahal, hal itu bisa Anda cegah atau atasi, lho. Seekor ikan tidak akan mati mendadak tanpa alasan atau sebab yang jelas. Bukan hanya karena perawatan yang salah atau kelalaian pemiliknya, bisa jadi memang ikan sudah sakit. Anda akan tahu cara mengatasi ikan koki yang mau mati, jika paham penyebabnya dengan jelas.

5 Penyebab Ikan Mas Koki Mati

Supaya bisa memberikan penanganan juga perawatan yang tepat, Anda harus paham apa saja yang bisa menjadi penyebab ikan mas koki mati. Hal itu bisa Anda lakukan jika mampu mengidentifikasi ciri-ciri ikan koki mau mati. Dengan begitu kematian si kecil yang cantik ini bisa Anda cegah atau hindarkan.

Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa menyebabkan ikan mas koki peliharaan Anda mati mendadak, sesaat setelah memeliharanya.

1. Stress

Ketika usai melakukan perjalanan jauh, kita tentu pernah merasakan tidak enak badan atau stress. Misalnya saja saat menggunakan pesawat pasti ada fase jetlag. Nah, begitu juga dengan ikan koki ini. Saat perjalanan dari toko ikan hias ke rumah Anda, bisa jadi mereka stress sehingga kemudian membuatnya mati cepat.

Umumnya, semakin kecil ikan koki akan semakin ringkih dan mudah stress. Oleh karena itu, usahakan untuk memilih ikan yang kuat, sehat, dan lincah saat akan membelinya. Perjalanan saat pengiriman, rentan risiko stress atau paparan racun dari kantong plastik pengemas ikan, yang bisa membuat ikan koki tiba-tiba tewas.

2. Kualitas Air yang Tidak Bagus

Memelihara ikan koki di akuarium, harus memahami suhu juga pH air yang tepat agar menjaga ikan koki tetap sehat. Sebenarnya ini berlaku untuk semua jenis ikan yang Anda pelihara di akuarium, ya. Cara paling mudah untuk mempertahankan kualitas air adalah dengan memberi makan secukupnya dan sewajarnya saja.

Selain itu, Anda bisa mengganti 10% air tiap minggunya, dan 25% air dalam sebulan. Hindari mengganti keseluruhan air dan menyabun akuarium. Ini berpotensi merusak kultur bakteri yang mampu mencegah mengatasi racun dalam air akibat amonia. Terlebih jika akuarium Anda tidak menggunakan sistem filterisasi air yang baik.

3. Pemberian Makan yang Berlebihan

Penyebab ikan mas koki mati lainnya yang terkadang tidak disadari sebagian pemilik terutama pemula dalam memelihara ikan hias adalah pemberian makanan secara berlebihan. Memberi makanan ikan secara berlebihan secara tidak langsung telah merusak kualitas air dalam akuarium atau kolam.

Dengan kualitas air yang buruk, risiko ikan keracunan jadi lebih besar. Kandungan amonia pada makanan ikan dan yang ikut keluar bersama kotoran  dapat mencemari air dan meracuni ikan. Jadi beri makan ikan koki sewajarnya saja, ya!

4. Parasit

Parasit juga bisa menjadi penyebab ikan mas koki mati. Anda bisa mengidentifikasi keberadaan parasit eksternal seperti jamur saat akan membeli ikan di toko ikan hias. Bercak kehitaman dan sedikit timbul di badan ikan atau kebiasaan ikan menggosok badannya ke kerikil di dasar akuarium bisa menjadi indikasi terserang kutu atau jamur.

Sementara ada juga parasit internal berupa cacing dan trichodina. Parasit ini cenderung akan menyerap nutrisi dari dalam tubuh ikan. Kemudian kondisi tersebut akan membuat ikan menjadi lemah hingga sakit lalu mati.

5. Terinfeksi Bakteri Tuberkulosis

Satu lagi penyebab ikan mas koki mati secara tiba-tiba adalah infeksi bakteri tuberkulosis. Tidak ada gejala spesifik pada ikan yang mengalami atau terinfeksi bakteri ini, itulah mengapa pemilik kerap tidak menyadari kondisi ikan koki peliharaannya saat terserang bakteri tuberkulosis.

Biasanya, ikan terserang bakteri ini sejak di toko hewan. Ikan yang hidup, di tempat sempit dan terlalu padat lebih berisiko terserang tuberkulosis. Jadi, sebaiknya Anda membeli ikan di toko hewan yang mampu menjamin kesehatan ikan serta, memberikan perawatan yang terbaik selama ikan masih berada di akuarium toko.

Itulah beberapa hal yang bisa menjadi penyebab ikan koki peliharaan Anda mudah mati atau mati dengan cepat usai membelinya dari toko hewan. Dengan informasi di atas, semoga Anda bisa lebih mudah mengenali ciri-ciri ikan koki yang terserang penyakit atau bahkan akan mati.

Pemahaman yang baik tentang penyebab ikan mas koki mati dan juga terserang berbagai penyakit akan membantu Anda menentukan perawatan dan penanganan yang tepat. Semoga informasi ini bermanfaat dan bisa membantu Anda merawat ikan koki hingga dapat berumur panjang.