in

8 Cara Mendapatkan Endorse di Tiktok Bagi Pemula

ilustrasi tiktok

EKSPOSUR.COM – TikTok bukan hanya sekedar media sosial semata. Soalnya TikTok juga bisa digunakan untuk mencari uang jajan tambahan. Bahkan, bisa dijadikan sebagai platform untuk penghasilan utama dan besar. Salah satunya lewat Endorsement. Ada beberapa cara mendapatkan endorse di TikTok yang Anda harus tahu.

Jika sudah mendapatkan endorsement kemungkinan besar Anda akan mendapatkan penghasilan/uang. Sayangnya untuk mendapatkan endorsement ini tidaklah mudah. Butuh perjuangan dan pastinya tidak mudah. Inilah beberapa cara agar bisa mendapatkan endorsement di Tiktok.

Cara Mendapatkan Endorse di TikTok

Inilah beberapa yang perlu Anda lakukan supaya bisa mendapatkan endorsement di Tiktok, yakni :

1. Buat dan Rawat Akun TikToK Terlebih Dahulu

Kalau mau main TikTok, jelas harus membuat akun TikTok terlebih dahulu. Kalau sudah punya, namun akun belum diperluas, tentu tidak bisa menerima endorse.

Rawat akun Anda dengan layak, soalnya ada berbagai ciri dan kriteria akun yang layak melakukan endorsement. Sebenarnya semua akun bisa saja melakukan Endorse. Namun hasilnya tidak akan semaksimal seperti akun yang sudah mempunyai kelayakan endorse.

2. Harus Memperbanyak follower

Cara mendapatkan endorse di TikTok selanjutnya adalah, perhatikan jumlah follower dari akun Tiktok Anda. Biasanya akun yang mendapatkan endorse adalah mereka yang sudah punya banyak pengikut/follower.

Soalnya semakin banyak pengikut, harapannya semakin banyak orang yang tahu produk/jasa tersebut. Oleh karena itu, untuk mendapatkan pengikut ini Anda perlu melakukan beberapa hal.

Paling penting akun tidak terlihat mati dan aktif berinteraksi meskipun pada awalnya tidak ada yang melihat maupun menyukai.

3. Konten Sebaiknya Berkualitas

Cara mendapatkan endorse di TikTok selanjutnya adalah tingkatkan kualitas konten, pihak yang meng-endorse biasanya suka dengan pembuat konten yang menarik, unggul, dan unik. Maka, kalau Anda dapat mempertahankan kualitas konten, itu sudah menjadi nilai tambah di akun TikTok Ada.

Biasanya Konsep konten unik mudah dan sangat layak dijadikan media endorsement. Tujuannya konten yang unik sering membuat orang senang menonton. Bahkan dengan konten yang unik bisa bikin viral dan terkenal.

Umumnya pebisnis akan mengendorse konten creator Tiktok yang mempunyai konten relevan dengan produk mereka. Seperti, produk skincare pasti akan endorse pada TikToker kecantikan atau make up.

4. Memperbanyak Jumlah Komentar dan Like

Memperbanyak jumlah like dan komentar pada setiap postingan. Sebaiknya jumlahnya sesuai dengan jumlah follower yang dimiliki. Jika lebih banyak akan lebih baik.

Soalnya para endorsement sangat menghindari akun yang jumlah follower banyak. Namun, mendapatkan jumlah like dan komentar per postingan yang sedikit/ sepi.

Kalau Anda ingin mendapatkan like dan komentar, salah satunya dengan bekerja sama bareng seleb TikTok yang telah memiliki followers banyak.

Tujuannya untuk membantu akun TikTok Anda bisa segera ter-up dan dikenal banyak orang. Perlu di garis bawahi disini Anda bukan hanya sekedar numpang tenar, biasanya ada feedback juga yang perlu Anda berikan kepada mereka.

5. Mulailah Endorse Gratisan

Cara mendapatkan endorse di TikTok jika sudah memenuhi followers tersebut, cobalah mengambil endorse dengan cara “gratisan”. Jadi, Anda bisa review produk maupun jasa hingga layanan dengan gratisan tanpa meminta bayaran sama sekali.

Hal demikian bisa membantu pengusaha dengan produk UMKM agar bisa mengembangkan bisnisnya dengan baik. Semakin bagus dan jelas konten yang Anda buat, pasti akan ada owner yang melirik mengajak bekerja sama. Jangan memikirkan tentang harganya, paling penting produk tersebut baik.

6. Memanfaatkan Live Streaming Tiktok

Bukan hanya sekedar unggah konten berupa video saja di TikTok, sebaiknya Anda juga memanfaatkan Live streaming di TikTok. Memang, ada ketentuan baru bisa live dengan jumlah 1000 followers.

Oleh karena itu, untuk mendapatkan followers demikian. Sebaiknya lakukan cara-cara lain, salah satunya dengan memaksimalkan konten yang bagus dan unik. Jika sudah mendapatkan minimal 1000 followers, silakan lakukan live streaming secara berkala. Supaya akun TikTok Anda semakin bagus.

7. Membangun Image yang Positif

Akun yang sukses mendapatkan banyak orderan endorse, biasanya punya keunikan dan sisi positif tersendiri. Jadi, tidak hanya sekedar orang tersebut tenar dan terkenal. Jadi, bangunlah akun TikTok Anda supaya bisa mendapatkan mindset baik di masyarakat.

Jangan membuat konten yang negatif dan mengundang hujatan orang. Jangan membuat konten yang tidak perlu alias “yang penting upload”. Soalnya dari segi konten tersebut sudah bisa menjelaskan layak tidaknya Anda juga akun TikTok Anda untuk mendapatkan endorsement.

8. Jangan Mematok Harga Endorse yang Sangat Tinggi

Jika mau mendapatkan endorse dari TikTok jangan terlalu memasang harga yang tinggi. Terlebih Anda termasuk seleb TikTok yang bagus, maksudnya baru pertama kali mendapatkan endorse-an.

Jika langsung pasang harga yang tinggi dan belum ada testimoni sebelumnya. Jelas mereka akan beralih ke akun TikToker yang lain. Tentu ini akan sangat merugikan Anda.

Setelah melakukan beberapa kali endorse, cobalah cek bagaimana feedback yang didapatkan. Jika, cara endorse memuaskan dan mendapatkan feedback yang baik. Perlahan-lahan bisa menaikkan harga endorsement Anda.

Deminlah cara mendapatkan endorse di TikTok. Bagi Anda yang termasuk TikToker pemula dan ingin mendapatkan endorsement, silakan lakukan cara di atase secara perlahan-lahan dan konsisten. Semoga bermanfaat.