in

Sakit Mata pada Kucing, Kenali Jenis dan Obat Ampuhnya

ilustrasi

RADARSUMBAR.COM – Sakit mata pada kucing cukup sering terjadi, terutama ketika perawatan terhadap kucing tersebut tidak diterapkan secara benar.

Kucing termasuk salah satu hewan yang memiliki mata yang indah. Bahkan sebagian orang menganggap mata tersebut menjadi daya tarik utama kucing. Sorot matanya cenderung tajam, namun tingkahnya justru semakin menggemaskan.

Sama halnya seperti manusia, sakit mata tersebut bisa menyebabkan berbagai masalah serius. Oleh sebab itu, pemilik harus segera mengatasinya serta lakukan pengobatan yang tepat. Sakit mata ini juga bisa terkena pada semua jenis dan ras kucing.

Jenis Sakit Mata pada Kucing dan Cara Mengobatinya

Masalah sakit mata tersebut berbeda-beda pada setiap kucing, oleh sebab itu, penting pahami jenis-jenisnya terlebih dahulu, agar bisa diberikan pengobatan yang tepat. Secara umum, ada tiga jenis penyakit mata pada kucing, diantaranya sebagai berikut.

Sakit mata pada kucing ini juga menimbulkan ketidaknyamanan pada kucing tersebut. Ketika kucing terlalu sering mengedipkan matanya, atau sering mengeluarkan cairan, hal tersebut pertanda kucing kesayangan sedang mengalami masalah pada bagian matanya.

1. Infeksi Mata

Infeksi mata merupakan salah satu jenis penyakit mata yang paling umum terjadi pada kucing. Biasanya infeksi ini muncul akibat infeksi saluran pernapasan yang kemudian menular hingga ke mata kucing.

Sakit mata pada kucing ini juga harus diatasi dengan penangan yang tepat agar tidak menjadi semakin parah. Bahkan sakit mata cukup sering terjadi pada kucing, dan pada kondisi tertentu, dapat menyebabkan kucing kesayangan mengalami kebutaan.

Biasanya infeksi mata ini ditandai dengan tingkah laku kucing yang mulai rutin menggosok matanya. Atau terkadang kucing kesayangan juga mengalami bersin-bersin. Infeksi mata pada kucing tersebut dapat diobati dengan obat antiseptic yang cocok untuk kucing.

2. Konjungtivitis atau Mata Merah Muda

Masalah selanjutnya yang juga kerap terjadi pada mata kucing adalah konjungtivitis atau mata merah muda. Gejala yang timbul pada mata kucing ini biasanya ditandai dengan terjadinya peradangan pada kelopak mata kucing. Penyakit ini juga sifatnya menular pada sesama kucing.

Ketika mata kucing Anda terlalu sering mengeluarkan air hal ini berarti sudah terjadi sakit mata pada kucing. Oleh sebab itu, penting untuk segera mengobatinya dan menjauhkannya dari kucing lain, agar penyakit mata ini tidak ikut menular.

3. Glaukoma

Jenis lain dari penyakit mata yang sering dialami oleh kucing adalah Glaukoma. Tanda-tanda munculnya glaucoma ini seperti munculnya rasa sakit yang cukup signifikan. Hal ini membuat kucing kesayangan kerap mengeong dan juga memilih menjauh dari pemiliknya.

Ketika glaukoma ini semakin perah, hal tersebut juga membuat bola mata kucing terlihat membengkak. Sakit mata pada kucing ini akan semakin perah jika terus dibiarkan, jadi tidak ada salahnya membawa kucing ke sayangan ke dokter hewan untuk mendapatkan pengobatan tepat.

Inilah Tips Merawat Kebersihan Kucing

Setiap pemilik hewan peliharaan seperti kucing, tentu tidak ingin hewan peliharaannya terkena penyakit. Misalnya saja seperti hewan peliharaan kucing, masalah penyakit mata tentu menjadi hal yang serius jika sampai membuat kucing Anda merasa kesakitan.

Oleh sebab itu, memperhatikan kebersihan kucing setiap saat merupakan langkah paling mudah untuk menjauhkannya dari penyakit. Rutin memandikan kucing menggunakan shampoo khusus kucing dapat mencegah terjadinya penyakit.

Selain itu, pastikan juga kucing Anda mendapatkan asupan nutrisi yang cukup, agar kekebalan tubuhnya meningkat. Sakit mata pada kucing ini dapat diatasi dengan menerapkan perawatan dan kebersihan yang tepat.