in

Cara Menghasilkan Uang dari Konten di Instagram dan TikTok!

ilustrasi

EKSPOSUR.COM – Di gempuran era digital saat ini, penting untuk mengetahui cara menghasilkan uang dari konten. Dengan begitu, Anda bisa memanfaatkan sosial media seperti Instagram dan TikTok untuk mendapatkan penghasilan.

Banyak orang-orang yang menjadi content creator atau pembuat konten untuk mendapatkan uang dari media sosial. Cara ini cukup menjanjikan, buktinya banyak content creator yang dapat meraup penghasilan dari konten yang mereka buat.

Maraknya pengguna media sosial membuat konten digital semakin memiliki tempat. Inilah kesempatan Anda untuk memanfaatkan media sosial sebagai media untuk meraup penghasilan. Ini bisa menjadi peluang dan kesempatan bagi Anda untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

Simak Cara Menghasilkan Uang dari Konten di Sosmed!

Salah satu platform media sosial yang cukup populer di Indonesia dan dunia saat ini yaitu, Instagram. Instagram bisa menjadi media bagi Anda untuk mengekspresikan diri dengan mengunggah aktivitas Anda setiap hari. Instagram juga bisa menjadi media untuk mencari penghasilan tambahan.

Dengan membuat konten di Instagram, Anda bisa memiliki banyak pengikut dan penonton yang menyukai konten Anda. Dengan begitu, Anda akan memiliki peluang untuk terkenal dan mendapatkan penghasilan dari konten Anda. Bagaimana cara menghasilkan uang dari konten di sosial media?

1. Membuat Konten Sesuai Tren

Cara pertama untuk mulai membuat konten di Instagram adalah dengan mengikuti apa yang sedang tren. Dengan mengikuti tren, konten Anda akan lebih optimal dan ditonton oleh banyak orang. Cara ini bisa menjadi langkah awal jika Anda ingin menjadi content creator.

Namun dalam memilih tren juga harus disesuaikan dengan genre atau jenis konten yang ingin Anda bangun. Misalnya Anda ingin memiliki genre konten komedi, maka ikutilah tren konten komedi di Instagram, begitupun dengan genre konten yang lainnya.

2. Buat Konten Vlog

Untuk mendapatkan uang dari konten di Instagram, Anda juga bisa membuat konten yang berisi vlog (video blog) sehari-hari, tutorial, ulasan produk, dan lainnya. Konten vlog juga akan membuat Anda mudah dikenal dengan ciri khas atau karakteristik konten Anda.

Setelah mampu membangun karakteristik Anda, akan lebih banyak peluang untuk mendapatkan sponsor atau iklan. Dengan begitu, Anda akan mendapatkan uang dari konten vlog yang Anda buat.

3. Buat Konten Review atau Ulasan Produk

Mungkin dulu banyak orang yang menyepelekan konten semacam ini, tapi saat ini tidak lagi. Membuat konten ulasan atau review produk bisa menjadi cara menghasilkan uang dari konten di Instagram dan TikTok.

Mengapa konten ulasan menjadi ramai? Karena berdasarkan survei oleh Power Reviews menunjukkan sebanyak 97% konsumen bergantung pada ulasan sebelum membeli sesuatu. Oleh karena itu, konten ulasan produk ini bisa menjadi peluang bagi Anda.

Untuk membuat konten ulasan produk, Anda bisa mulai dengan mengulas produk yang biasa Anda gunakan. Misalnya produk make up, buku, makanan, dan lainnya. Buatlah ulasan yang menarik agar audiens tertarik untuk menonton video Anda.

Jika konten ulasan produk Anda berhasil menarik banyak penonton, maka sangat mungkin Anda akan mendapatkan tawaran kerja sama dari brand produk tertentu. Hal ini tentu bisa menjadi peluang besar bagi Anda untuk mendapatkan uang.

4. Buat Konten Tutorial

Selain konten ulasan produk, di Instagram maupun TikTok juga ramai konten tutorial membuat atau melakukan suatu hal. Hal itu bisa menjadi  cara menghasilkan uang dari konten. Mulai dari tutorial dalam bidang teknologi, tutorial make up, tutorial dalam hal edukasi, dan lainnya.

Anda bisa menentukan jenis tutorial yang akan Anda jadikan konten di TikTok maupun Instagram sesuai dengan kemampuan atau hobi Anda. Sehingga Anda bisa lebih enjoy dalam membuat konten karena sesuai dengan passion Anda.

Misalnya Anda tertarik dalam bidang teknologi, maka bisa buat konten memperbaiki alat elektronik, hack dalam menggunakan laptop atau ponsel, cara menggunakan suatu aplikasi, tutorial desain digital, trik-trik menarik di internet, dan lain sebagainya.

Jika Anda tertarik pada bidang kecantikan, bisa membuat konten tutorial make up, tutorial memakai kerudung, tutorial dalam berpakaian, hack dalam memadukan pakaian, dan lain sebagainya. Intinya sesuaikan dengan passion Anda masing-masing.

5. Buat Konten Untuk Jualan

Jika Anda memiliki bisnis, maka cara menghasilkan uang dari konten juga bisa dikaitkan langsung dengan promosi bisnis Anda, yaitu membuat konten jualan. Saat ini, berbisnis secara digital juga marak dilakukan, karena memiliki peluang pasar yang cukup besar dan menjanjikan.

Oleh karena itu, hal tersebut bisa menjadi kesempatan bagi Anda untuk mempromosikan produk yang Anda jual. Hal ini tentu harus didukung dengan konten yang menarik bagi calon konsumen, salah satunya dengan mengikuti tren di TikTok maupun Instagram.

Misalnya sedang tren orang membuat video dengan sound tertentu, maka buatlah konten menggunakan sound tersebut. Atau sedang tren video cover dance, maka bisa juga gunakan cara tersebut untuk mempromosikan produk yang Anda jual.

Banyak pilihan cara yang bisa Anda lakukan untuk membuat konten yang menarik. Hal ini bisa Anda sesuaikan dengan branding dari bisnis Anda sendiri. Jadi pilihlah konten yang memang selaras dengan bisnis Anda, jangan sampai mengikuti tren tapi melenceng dari konsep bisnis.

6.Buat Konten Carousel

Selanjutnya, Anda juga bisa membuat konten carousel sebagai cara menghasilkan uang dari konten di Instagram maupun TikTok. Carousel adalah konten yang berbentuk postingan yang dapat menarik audiens untuk melihat konten Anda.

Cara ini bisa dilakukan dengan membagikan foto maupun video dalam satu unggahan dengan jumlah maksimal 10 konten. Dengan begitu, informasi yang Anda bagikan akan lebih lengkap dan lebih menarik audiens untuk terus mengikuti konten-konten Anda.

Dengan begitu, Anda akan mendapatkan engage yang besar dan membuat Anda berpeluang mendapatkan tawaran kerja sama dari suatu brand. Jenis konten ini juga bisa Anda jadikan media untuk memasang iklan sponsor untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

7. Monetisasi Konten Video Anda

Langkah ini adalah yang paling penting dalam cara menghasilkan uang dari konten di Instagram maupun TikTok. Saat ini Instagram maupun TikTok memungkinkan pengguna untuk memonetisasi video dengan mengaktifkan video iklan dan in-stream video.

Untuk mengaktifkan video iklan di Instagram, Anda bisa masuk ke fitur pengaturan, kemudian mengaktifkan fitur tersebut. Setelah itu, di sela-sela video konten Anda akan muncul iklan yang ditonton oleh audiens.

Jika iklan di video Anda ditonton oleh audiens, maka Anda akan menerima 55 persen dari jumlah pendapatan yang diperoleh dari tiap pemutaran video iklan. Namun agar bisa dimonetisasi video konten harus berdurasi minimal 2-4 menit.

Kesimpulan

Maraknya pengguna media sosial menjadikan lebih banyak peluang dan cara menghasilkan uang dari konten. Namun Anda harus berpikir kreatif untuk dapat menghasilkan konten yang menarik bagi para audiens. Cara-cara yang disebutkan di atas juga bisa menjadi referensi konten bagi Anda.