in

Kenali 6 Perbedaan Utama Instagram Reels vs TikTok dalam Pembuatan Konten Video Bisnis

instagram reels vs tiktok
ilustrasi

EKSPOSUR.COM – Meskipun memiliki fungsi yang hampir sama, namun tak sedikit dari pengguna yang sering kali mempertanyakan informasi seputar perbedaan fitur yang dimiliki oleh Instagram Reels vs TikTok. Jika Anda termasuk salah satu orang yang belum mengetahui perbedaan utama dari kedua platform media sosial tersebut, sebaiknya perlu mengetahui informasi detailnya di artikel berikut ini.

Perbedaan Utama Platform Instagram Reels Vs TikTok

Sudah bukan menjadi rahasia umum lagi, bahwa kemunculan media sosial seperti sekarang ini sudah menjadi tren dan strategi bisnis tersendiri dalam menunjang kegiatan digital marketing. Beberapa contoh penggunaan media sosial yang banyak diminati oleh kalangan masyarakat, yakni ada Instagram dan TikTok. Kedua platform media sosial satu ini, dianggap dapat membantu para pebisnis dalam membangun dan mempromosikan suatu bisnis secara lebih luas, melalui berbagai konten yang dibuat untuk meningkatkan penjualan produk maupun layanan yang ditawarkan.

Akan tetapi dalam membantu membuat konten bisnis yang efektif, terkadang masih ada sebagian pengguna yang bingung menentukan pilihan platform mana yang digunakan. Sebab meskipun keduanya menawarkan fasilitas yang sama dalam membantu pembuatan konten video, ternyata baik Instagram Reels vs TikTok memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Oleh karena itu sebelum Anda menggunakan salah satu dari kedua platform media sosial tersebut, sebaiknya kenali lebih dulu beberapa perbedaannya di bawah ini.

1. Durasi Video

Ketika Anda nantinya akan membuat konten video dengan menggunakan Instagram Reels dan TikTok, sudah pasti Anda akan melihat sendiri apa perbedaan utama dari segi durasi video yang ditawarkannya. Disini, Instagram Reels hadir dengan menawarkan durasi video maksimal selama 60 detik, sedangkan TikTok memiliki durasi video maksimal selama 3 menit. Meskipun durasi video Instagram mengalami penambahan dari yang semula 30 detik menjadi 60 detik, tetap saja TikTok masih terbilang unggul lantaran platform tersebut menambahkan durasi dari 60 detik menjadi 3 menit.

2. Tampilan Platform yang Disediakan Bagi Pengguna

Perbedaan lain yang bisa Anda lihat dari platform Instagram Reels vs TikTok selanjutnya, yakni bisa dilihat dari segi tampilan yang ditawarkan bagi para penggunanya. Adapun perbedaan ini bisa dilihat pada bagian tombol profil di atas tombol like di TikTok, yang mana tidak ada di Instagram Reels. Di samping itu, pada Instagram Reels biasanya mengusung tema warna tampilan putih, sedangkan pada TikTok mengusung tema warna tampilan dominan ke hitam.

3. Fitur Audio yang Bisa Dipilih Pengguna

Selain durasi video dan tampilan platform yang ditawarkan, Anda juga akan menemukan perbedaan lain dari kedua platform media sosial tersebut dari segi fitur audio yang bisa dipilih oleh pengguna. Dalam hal ini, fitur audio pada TikTok dinilai lebih unggul dibandingkan Instagram Reels, lantaran dikenal sebagai platform yang mampu mempopulerkan banyak lagu, baik lagu lama maupun lagu baru. Hal ini jauh berbeda pada platform Instagram Reels, yang mana pilihan dan penggunaan fitur audio yang ditawarkan hanya mengikuti trend pada TikTok saja.

4. Fasilitas Video Editing Tools

Baik Instagram Reel dan TikTok, umumnya merupakan platform konten video yang memungkinkan bagi para pengguna untuk mengedit video secara langsung tanpa memerlukan aplikasi edit video pihak ketiga. Meski demikian, kedua platform tersebut jelas memiliki perbedaan, dimana TikTok menghadirkan video editing tools yang lebih canggih dilengkapi dengan berbagai efek dan teknologi AR (Augmented Reality). Sementara pada Instagram Reels, umumnya belum memiliki video editing tools secanggih TikTok, dikarenakan platform ini terbilang baru dirilis beberapa bulan.

5. Sistem Algoritma yang Dimiliki

Sistem algoritma yang dimiliki dari Instagram Reels vs TikTok juga terbilang berbeda, dimana TikTok biasanya menggunakan algoritma dengan sistem open social network. Yang mana, algoritma ini memudahkan pengguna untuk melihat berbagai video rekomendasi yang didasarkan pada dua jenis tab, yakni tab following dan FYP (For You Page). Adapun untuk sistem algoritma Instagram Reels, biasanya akan menampilkan rekomendasi video kepada pengguna sesuai aktivitas yang disukai, popularitas konten, history interaksi antar pengguna dan lain-lain.

6. Jenis Konten dan Penggunanya

Tidak hanya dari kelima poin yang sudah dijelaskan di atas, Anda juga bisa melihat perbedaan lain dari platform TikTok dan Instagram Reels dari segi jenis konten dan penggunanya. Pada TikTok, biasanya akan memberikan konten video kepada pengguna secara apa, sedangkan pada Instagram konten video akan lebih memfokuskan pada nilai estetika. Adapun dari sisi penggunanya sendiri, TikTok biasanya lebih didominasi oleh kaum Gen-Z, sedangkan Instagram lebih didominasi dengan kaum milenial yang aktif menggunakan platform tersebut.

Setelah Anda melihat penjelasan di atas, tentunya Anda lebih paham dan mengerti berbagai perbedaan yang ditawarkan dari Instagram Reels vs TikTok tersebut, bukan? Sehingga, hal inilah yang nantinya akan memudahkan Anda dalam menentukan platform konten video mana yang cocok untuk menunjang bisnis.