in

Wajib Tahu, Ini Cara Menghitung Berat Badan Ideal Anda

berat badan ideal

EKSPOSUR.COM – Memiliki berat badan ideal, tentu impian semua orang. Bukan perkara ukuran, tetapi lebih kepada kesehatan. Namun sudahkah Anda memahami cara menghitungnya? Jika belum, maka wajib menyimak ulasan berikut! Apalagi terdapat perbedaan cara menghitung berat badan ideal perempuan dan laki-laki.

Dengan memahami perhitungan berat badan ideal, maka Anda akan lebih mudah menjaga berat badan agar tidak kurang atau berlebih. Hal ini selain berguna bagi kesehatan tubuh, tentu juga memudahkan Anda dalam beraktivitas maupun memilih gaya pakaian sesuai tren ataupun selera.

2 Cara Menghitung Berat Badan Ideal yang Praktis dan Mudah

Berat badan ideal merupakan tolok ukur atau standar berat yang dianggap paling sehat bagi seseorang. Perhitungannya biasanya berpatok pada tinggi badan. Namun terdapat beberapa faktor lain yang juga harus menjadi pertimbangan dalam menentukan berat badan ideal. Mulai dari jenis kelamin, usia, serta bentuk tubuh.

Itulah mengapa terdapat lebih dari satu cara menghitung berat badan ideal. Hal ini karena ada faktor berbeda yang menjadi landasannya. Sebut saja seperti tabel berat badan ideal berdasarkan umur yang sudah ditetapkan oleh WHO juga IDAI. Namun ada juga rumus perhitungan berdasarkan jenis kelamin.

Nah, di bawah ini kami berikan dua cara menghitung berat badan ideal yang sama-sama mudah, tetapi dengan patokan berbeda. Silakan Anda simak setiap langkah untuk perhitungannya.

1. Rumus Broca

Disebut sebagai rumus Broca, karena rumus perhitungan berat badan ideal ini ditemukan oleh Pierre Paul Broca, yang merupakan seorang dokter bedah asal Perancis. Awalnya beliau membuat rumus sederhana untuk menemukan berat badan ideal seseorang.

Sayangnya rumus tersebut hanya efektif untuk mereka dengan tinggi di bawah 165 sentimeter. Belum lagi, cara menghitung berat badan ideal dengan rumus tinggi badan dikurangi 100 ini tidak bisa Anda terapkan pada semua jenis kelamin. Hal itu karena komposisi tubuh pria dan wanita berbeda.

Itulah mengapa, lantas muncul rumus yang disempurnakan dan berbeda berdasarkan jenis kelamin. Dengan begitu akan lebih efektif menemukan berat ideal bagi pria yang tubuhnya didominasi massa otot dan wanita yang lebih banyak komposisi lemaknya. Adapun rumus tersebut yaitu sebagai berikut:

Berat ideal wanita = [tinggi badan (cm) – 100] – [tinggi badan (cm) – (100×15%)]

Berat ideal pria = (tinggi badan dalam sentimeter – 100) – [tinggi badan dalam sentimeter – (100×10%)]

Dengan rumus di atas Anda akan lebih mudah menemukan berat badan ideal bagi pria maupun wanita. Namun jika malas menghitung, kini juga bisa melihat tabel berat badan ideal yang merupakan terbitan Kemenkes, yaitu berat ideal berdasarkan tinggi badan serta bentuk tubuh.

2. Indeks Masa Tubuh

Cara kedua yaitu menghitung berat badan ideal berdasarkan Indeks Massa Tubuh. Sudah ada patokan untuk beberapa kondisi berbeda dari hasil perhitungan Anda nantinya. Indeks massa tubuh ini merupakan hasil pengukuran lemak berdasarkan pada berat juga tinggi badan baik pada pria maupun wanita.

Jadi tidak ada perbedaan cara hitung pada pria ataupun wanita, ya! Rumus yang bisa Anda pergunakan untuk menghitung Indeks Massa Tubuh (IMT) ialah:

IMT = Berat Badan (kg) : [tinggi badan (m) x tinggi badan (m)]

Setelah mendapatkan hasilnya, Anda tinggal melihat kategori dalam rentang angka tersebut. Berikut adalah kategori yang ada berdasarkan pada perhitungan IMT:

  • Kurang dari 18,5 masuk pada golongan kurus
  • 18,5-22,9 masuk kategori berat badan normal atau ideal
  • 23-27,5 masuk ke dalam kategori overweight atau kelebihan berat badan
  • Di atas 27,5 sudah termasuk kategori obesitas dan ini cukup berbahaya bagi kesehatan Anda

Cukup mudah, bukan cara menghitung berat badan ideal berdasarkan Indeks Massa Tubuh? Selanjutnya, jika sudah paham cara menghitung berat ideal, Anda juga harus tahu cara memperoleh dan mempertahankan berat badan tersebut. Adapun caranya, bisa Anda lihat pada ulasan di bawah.

Tips Memiliki Berat Badan Ideal dan Mempertahankannya

Banyak orang berpikir untuk bisa memiliki berat badan ideal maka harus mengurangi porsi makan. Padahal yang sebenarnya tidak demikian. Hal tersebut justru bisa saja menimbulkan efek buruk bagi kesehatan karena ketidakseimbangan asupan nutrisi dengan energi yang Anda keluarkan.

Lantas bagaimana cara yang tepat untuk bisa mempunyai berat badan ideal dan menjaganya? Anda bisa coba terapkan beberapa tips di bawah!

  1. Konsisten dengan pola makan sehat
  2. Jaga porsi makan dan asupan nutrisi
  3. Rutin berolahraga
  4. Cukup istirahat dan hindari pola hidup tidak sehat seperti konsumsi alkohol, junkfood, dan lain sebagainya

Itulah beberapa tips yang bisa membantu Anda memperoleh berat ideal serta menjaganya. Setelah mengetahui cara menghitung berat badan ideal, maka usahakan untuk bisa mendapatkan dan menjaga berat badan tersebut demi kesehatan tubuh Anda.